Header Ads

test

Penjelasan Sejarah Perkembangan Game dari Masa ke Masa

    

    Apa itu game? Game berasal dari kata bahasa inggris yang berarti dasar permainan. Permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian kelincahan intelektual (Intellectual Playability Game) yang juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Dalam game, ada target-target yang ingin dicapai pemainnya.

    Game ini biasanya dimaikan oleh anak-anak buat bersenang-senang tapi ada juga orang dewasa yang masih bermain game. Tentu saja tingkat kesulitan dari setiap game itu berbeda-beda tergantung dari orang yang menciptakan game tersebut untuk siapa. Game ada yang bisa dimaikan oleh solo player (satu orang) ada juga yang bisa dimaikan oleh banyak orang (multi player).

    Genre dari setiap game juga berbeda-beda seperti game aksi, fighting (pertarungan), petualangan, strategi, perang, puzzle dan lain-lain. Jadi kita bisa bermain game sesuai genre yang kita suka.

    Karena kita sudah tau apa itu game, genre game, bagaimana memainkannya, dimana memainkannya dan bagaimana mendapatkan/menginstal game tersebut, kalian pasti sudah tau.

Berikut ini merupakan perkembangan game dari masa ke masa beserta penjelasanya :

1.  Awal Mula game

    Perkembangan game dimulai pada sejak tahun 1950 an di Universitas Manchester (Manchester Mark 1), Universitas Cambridge (EDSAC), Universitas Pennsylvania (EDVAC) dan Universitas Princeton (mesin IAS), disini lah awal tempat bermulanya video game yang menjadi hiburan kita sehari – hari. Sebelumnya, video game dibagi menjadi tiga kategori : yaitu program pelatihan dan pengajaran, program penelitian dan program demonstarasi untuk menghibur masyarakat.

    Ada kemungkinan bahwa video game pertama yang dibuat bertujuan untuk menghibur masyarakat adalah Tennis For Two yang dirancang oleh William Higinbotham dan dibangun oleh Robert Dvorak di Bethoven National Library pada tahun 1958, dirancang demi memberikan hiburan masyarakat di agenda tahunan open house Brookhaven, game ini menggunakan komputer yang bersistem analog ,namun Higinbotham tidak merencanakan ini untuk dikomersilkan karna dimasa lalu alat – alat yang dibutuh kan untuk memainkan game ini sangat lah langka dan mahal.


2. Zona Mainframe

    Diciptakan oleh Steve Russell , Martin Graetz, dan Wayne Wiitanen di tahun 1961, di program oleh Russell, Saunders, Graetz, Samson, dan Dan Edwards pada 1962 maka lahirlah game yang bernama Space War yang terinspirasi dari cerita fiksi karya EE Smith yang berisikan pertarungan antara dua pesawat luar angkasa, game ini dikendalikan oleh kotak kontrol khusus.


3. Generasi Game Arcade (1972-1978)

    Hingga pada tahun 1972, Nolan Bushnell dan Ted Dabney menyatukan misi untuk mendirikan ATARI sebuah kemitraan di bidang pembuatan game, ciptaan yang pertama adalah game Pong, merupakan sebuah game tenis multiplayer dengan controller yang disediakan dan memerluka koin untuk bisa memainkan game ini.

Tidak hanya itu, pada tahun ini banyak sudah berkembang perusahaan-perusahaan game yang menambah banyaknya genre game dimuka bumi, yang contohnya seperti  Gran Trak 10 (1974) dan Tank (1974) dari Atari, dan Wheels (1975), Gun Fight , (1975) dan Sea Wolf(1976) dari Midway.


4. Masa Keemasan (1978-1982)

    Space Invaders adalah game arcade yang muncul pada zaman ini dan pertama kali menyiapkan konsep skor dengan timer, mendapatkan nyawa tambahan jika player dapat melebihi skor minimum dan dapat menyimpan data skor tertinggi di dalam game ini. Hal ini sontak menjadi loncatan besar bagi industri game didunia.


    Disini pula game legendaris yang tidak asing di telinga kita yaitu Pacman, game inimendaji deretan game terlaris pada saat itu, mereka menjual sekitar 96.000 unit ke Amerika Serikat.ada juga Coleco, sebuah game arcade yang juga mendapatkan pencapaiaan yang luar biasa yaitu terjual habis sebanyak 550.000 unit pada tahu 1982.Game – game diatas dijual dengan perangkat keras, floppy disk, kaset dan katdride ROM.


5.  Zona Tidak Aman Game 1983

    Pada tahun ini merupakan tahun dimana produksi game mengalami pemerosotan yang sangat rendah, fenomena ini dikarenakan banyaknya penjualan game yang kurang berkualitas sehingga banyaknya perusahaan game di Amerika yang bangkrut alias harus gulung tikar saat itu.


6. Era Bangkit (1983-1995) (8-bit)

    Setelah mengalami keterpurukan di Amerika Serikat, akhirnya industri game saat itu dimulai lagi di Jepang pada awal tahun 1983 dengan merilis Nintendo ‘s Family Computer (“Famicom”) dan Sega ‘s SG-1000 pada 15 Juli 1983. Versi ini terus ditingkatkan hingga dirilisnya  Mark III Sega.

    Di era ini peran, joystick, dayung dan keypad sebagai pengontrol game default digantinkan dengan gamepad atau joypad. Pada tahun 1988 Nintendo mengeluarkan majalahnya yang perdana, dan juga di era ini merupakan muncul pertama kalinya game Metal Gear pada MSX 2 komputer, dan pada tahun 1989, Capcom meluncurkan Sweet Home on the NES yang merupakan generasi.


7.  Masa persaingan (1987-2004) (16-bit)

    Dunia game terus berkembang dan kini merambah ke dunia 16 – bit, sistem permainan pertama yang mengguakan sistem 16 – bit ini adalah The TurboGrafx-16. Disini juga pertama kali munculnya perangkat game yang menggunakan CD Drive yaitu Playstation yang pastinya tidak asing ditelinga kita.

    Sonic The Hedgehog merupakan game yang rilis ditahun 1991 dan menyaingi Franchise Mario. SNK ‘s Neo-Geo disini adalah perangkat yang paling mahal dengan margin yang lebar dan dirilis pada tahun 1990 dan juga karna memiliki 2D yang lebih unggul di banding yang lainnya.


8.  Era (1993–2005) (32- dan 64-bit)

    The Virtual Boy dari Nintendo muncul di zaman ini pada tahun 1995 sebagai perangkat game yang pertama kali mambawakan 3D, tapi kurangnya dukungan dari pihak lain, perangkat ini keluar dari pasar. Hingga akhirnya nintendo mengeluarkan Nintendo 64  merupakan debut lanjutan untuk game 3D.Pada tahun 1996 Capcom merilis game Resident Evil yang menjadi game survival horor terlaris pertama di dunia, mencapai hingga 2 juta copy pada zamannya.


9.  Era (1998-2013)

    Era ini diawali dengan munculnya Sega Dreamcast pada tahun 1998 yang menjadi perangkat game perdana yang dapat menggunakan sistem online. Ditahun 2000 muncul penerus Playstation yaitu PS2 yang juga dapat menggunakan Enthernet, grafik yang lebih dari pendahulunya dan dapat memutar video serta musik, sehingga kita tidak memerlukan lagi DVD player untuk memutar DVD dirumah.

    Saat itu juga pertama ramainya game diperangkat ponsel kita, hingga Nokia mulai menyalurkan minat pasar game di ponsel dengan mengeluarkan N-Gage pada tahuun 2003. Diantara game ponsel yang muncul, game paling menjadi loncatan besar adalah Angry Bird yang dirilis pada tahun 2009 dan mencapai penjualan hingga 2 juta unduhan dalam satu tahun perilisan.


10.  Era (2005 – sekarang)

    Nintendo dan Playstation mengeluarkan produk baru mereka yaitu Nintendo DS dan Playstation Portable yang keduanya merupakan perangkat game yang dapat kita bawa kamana saja. Dan akhirnya Microsoft ikut andil dalam perkembangan game ini dan memunculkan Xbox 360 dan sony mengikuti mengan munculnya Playstation 3.


11. Era (2012 – sekarang)

    Di zaman ini akhirnya banyak bermunculan perangkat – perangkat game yang berkualitas seperti PlayStation 4, Xbox One dan  Nintendo Switch yang hingga kini kita dapat memainkannya di rumah. Perangkat – perangkat dizaman ini sudah mendukung untuk memainkan game – game barat sekali pun.

 

    Itulah penjelasan singkat mengenai perkembangan game didunia ini. Perkembangan game di setiap negara tentu saja berbeda-beda tergantung sejauh mana perkembangan teknologi negara tersebut.

    Sekian artikel yang saya buat. Saya harap artikel ini dapat barmanfaan bagi pembaca. Saya juga beterima kasih pada semua pihak yang membantu saya dalam pembuatan artikel ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

 

Sumber

M Rizal Muttaqin. (2019, 23 April). Sejarah Singkat Perkembangan Game https://informatika.unida.gontor.ac.id/2019/04/23/sejarah-singkat-perkembangan-game/

Chikkungunya. (2011, 26 Mei). Definisi Game dan Jenis-jenisnya. https://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/

 

 

 

 


4 komentar: